Sabtu, 23 Sepember 2017

JADWAL KEGIATAN

Selengkapnya

  

Berita

 

Kamis, 20 April 2017

 

Menyambut Harkonas (Hari Konsumen Nasional) 2017 dengan Menjadi Konsumen yang Cerdas

 

[ISIGOOD.COM] Masyarakat Indonesia terkenal memiliki sifat konsumtif yang tinggi, setiap hari terjadi ratusan bahkan ribuan transaksi perdagangan di Indonesia. Apakah kamu salah satu dari konsumen tersebut Gooders?

Konsumen dalam istilah perdagangan adalah pengguna/pemakai suatu barang atau jasa yang diperdagangkan dalam masyarakat untuk kepentingan diri sendiri, saudara, keluarga, dan teman. Jika seorang konsumen membeli barang dalam jumlah besar untuk dijual kembali orang tersebut disebut sebagai distributor.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional, tanggal 20 April ditetapkan sebagai Hari Konsumen Nasional dengan mengacu kepada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Tanggal 20 April dipilih mengingat tanggal tersebut merupakan tanggal ditetapkannya Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Harkonas diadakan dengan tujuan memberikan pemahaman mendalam mengenai hak dan kewajiban seorang konsumen pada dunia global dan menempatkan konsumen sebagai unsur terpenting dalam dunia perdagangan. Konsumen menjadi sebuah penentu bagi produk-produk dalam negeri (Indonesia) untuk tetap mampu bersaing di pasar global. Oleh karena itu Gooders cintailah produk dalam negeri ya!

Kamu harus menjadi pembeli dan konsumen yang cerdas Gooders. Konsumen cerdas artinya memahami betul hak dan kewajiban dan perlindungan konsumen. Berikut ini adalah bagaimana kamu dapat menjadi konsumen yang cerdas:

Menegakkan hak dan kewajiban konsumen

Hak konsumen antara lain mendapatkan salam senyum sapa dari penjual, mendapatkan timbangan yang adil, pelayanan yang baik dari penjual, mudah menemukan tempat aduan jika ada masalah dan mendapat respon cepat. Kewajiban konsumen antara lain memberikan pembayaran yang pas, berperilaku baik pada penjual, memberikan feedback positif pada penjual/penyedia jasa.

Teliti dalam membeli produk/menggunakan jasa

Sebelum membeli sebuah produk kamu sebagai konsumen harus teliti pada produk seperti memperhatikan kemasan produk, memperhatikan tanggal kadaluarsa produk dan kualitas produk, belilah produk SNI yang sudah dijamin standar mutunya oleh Pemerintah Gooders.

Membeli produk dalam negeri

Seringnya kita mendengar himbauan cintailah produk dalam negeri artinya adalah dengan membeli dan menggunakan produk-produk dalam negeri. Kualitas dan harganya tidak kalah bersaing dengan produk-produk yang diimport dari luar negeri Gooders karena telah melewati uji standar kualitas mutu produk.

Mengadukan apabila terdapat hal yang mencurigakan

Jika kamu menemukan hal-hal yang mencurigakan seperti terdapat timbangan yang tidak adil, kecurangan dalam memperdagangkan barang dan pemberian jasa layanan sebagai konsumen yang cerdas kamu wajib mengadukan tindakan penyelewengan tersebut pada pihak yang berwajib Gooders. Hal ini untuk mencegah bertambahnya korban baru dari oknum tertentu.

Membaca panduan sebelum menggunakan produk

Setelah membeli produk pasti kamu sudah tidak sabar untuk segera menggunakan barang tersebut kan Gooders? tapi ingat bacalah terlebih dahulu buku panduan yang disediakan dalam box produk. Ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat kamu menggunakan produk tersebut.

Itulah bagaimana kamu harus bersikap untuk menjadi konsumen yang cerdas Gooders, Selamat mencoba dan semoga berhasil.