Senin, 20 November 2017

JADWAL KEGIATAN

Selengkapnya

  

Tentang HARKONAS

 

Latar Belakang

Perlindungan konsumen di Indonesia masih menjadi permasalahan yang belum dapat diselesaikan secara efektif dan efisien. Hal ini terbukti dengan banyaknya kasus sengketa konsumen yang sampai sekarang belum juga tuntas, dan belum lagi berbagai permasalahan yang tidak terlaporkan oleh karena konsumen tidak mengetahui hak dan kewajibannya. Negara berperan penting dalam hal pemberdayaan konsumen karena pihak konsumen seringnya menjadi pihak yang lemah sehingga tidak mampu untuk memperjuangkan kepentingannya. Lebih lanjut, pelaku usaha pada dasarnya berpijak pada prinsip mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dengan biaya seminim mungkin sehingga berpotensi merugikan konsumen, baik langsung maupun tidak langsung.

Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen kemudian ditetapkan pada 20 April 1999 dengan tujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual dalam era demokrasi ekonomi berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Menimbang pada UU Perlindungan Konsumen tersebut, ditetapkanlah Keputusan Presiden No. 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional. Pencanangan Hari Konsumen Nasional awalnya diselenggarakan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional pada tanggal 20 April 2012. Selanjutnya, peringatan Hari Konsumen Nasional dilaksanakan oleh Pemerintah dengan koordinasi Direktorat Pemberdayaan Konsumen, Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen, Kementerian Perdagangan.

Tujuan Kegiatan

Penetapan Hari Konsumen Nasional ditujukan agar semakin banyak pihak yang termotivasi membangun konsumen yang cerdas dan pelaku usaha yang semakin memiliki etika dalam usahanya. Secara lebih detail, Hari Konsumen Nasional bertujuan:

a.   Sebagai upaya penguatan kesadaran secara masif akan arti pentingnya hak dan kewajiban konsumen serta sebagai pendorong meningkatnya daya saing produk yang dihasilkan pelaku usaha dalam negeri.
b. Menempatkan konsumen pada subyek penentu kegiatan ekonomi sehingga pelaku usaha terdorong untuk dapat memproduksi dan memperdagangkan barang/jasa yang berkualitas serta berdaya saing di era globalisasi.
c. Menempatkan konsumen untuk menjadi agen perubahan dalam posisinya sebagai subyek penentu kegiatan Ekonomi Indonesia.
d. Mendorong pemerintah dalam melaksanakan tugas mengembangkan upaya perlindungan konsumen di Indonesia.
e. Mendorong pembentukan-pembentukan jejaring komunitas perlindungan konsumen.

 

 

Penyelenggaraan HARKONAS

 

Tahun 2013
Peringatan Puncak Hari Konsumen Nasional diselenggarakan pada 23 April 2013 dengan Tema “Gerakan Meningkatkan Kesadaran Hak Konsumen”. Peringatan Hari Konsumen Nasional ini menjadi momentum upaya penguatan konsumen cerdas secara berkesinambungan dan penggerakan seluruh elemen masyarakat agar dapat berperan aktif dalam gerakan konsumen cerdas di Indonesia.

Tahun 2014
Peringatan Hari Konsumen Nasional diselenggarakan pada 23 April 2014 dengan tema “Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri”. Tema yang diangkat pada peringatan Hari Konsumen Nasional tahun ini dicanangkan langsung oleh Wakil Presiden RI. Serangkaian acara yang dilaksanakan untuk memperingati Hari Konsumen Nasional 2014 antara lain lomba menggambar, melukis, menulis dan membuat video, seminar tentang properti dan layanan provider, jalan santai dan funbike serta acara puncak di Hotel Bidakara.

Tahun 2015
Peringatan Hari Konsumen Nasional 2015 memiliki tema “Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri” dengan sub tema “Konsumen Cerdas Dengan Nasionalisme Tinggi Menggunakan Produk Dalam Negeri”. Rangkaian acara peringatan Hari Konsumen dimulai sejak bulan Februari 2015 dengan berbagai kegiatan, antara lain lomba pembuatan video, jingle dan maskot konsumen cerdas, seminar serta jalan sehat dan sepeda santai. Puncak peringatannya diselenggarakan pada 23 April 2015 di Monumen Nasional dengan dibuka oleh Menteri Perdagangan RI yang sekaligus meluncurkan Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK).

Tahun 2016
Tema peringatan Hari Konsumen Nasional 2016 masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu “Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri” dengan sub tema “Konsumen Cerdas Dengan Nasionalisme Tinggi Menggunakan Produk Dalam Negeri. Rangkaian kegiatan peringatan Harkonas 2016 antara lain terdiri dari Bulan Pengaduan Konsumen selama Februari – April 2016, seminar, lomba karya tulis untuk mahasiswa, wartawan dan blogger serta jalan sehat dan sepeda santai. Puncak peringatan akan dilaksanakan pada Selasa, 26 April 2016 di Lapangan Banteng yang diharapkan akan dibuka oleh Presiden RI, sekaligus mencanangkan Strategi Nasional Perlindungan Konsumen Indonesia.