Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format Tanpa Hilang Data

Pernahkah Anda mengalami flashdisk Anda tiba-tiba meminta format?

Ada banyak media untuk menyimpan data, salah satunya adalah flashdisk yang memang lebih banyak digemari oleh orang-orang, dibandingkan dengan media penyimpanan data lainnya.

Cara menggunakan flashdisk tentunya sangat mudah, karena Anda hanya perlu menghubungkannya ke port USB laptop atau komputer.

Dulunya, keberadaan flashdisk ini tidak terlalu diperlukan tapi seiring dengan berkembangnya zaman dan keperluan tugas atau pekerjaan yang semakin beragam tentunya flashdisk wajib dimiliki terutama untuk seseorang yang bersekolah, kuliah atau bekerja di perkantoran.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada flashdisk adalah minta di format, nah pada kesempatan kali ini kita akan mengetahui bagaimana cara mengatasi flashdisk minta format.

Flashdisk berfungsi untuk menyimpan file backup-an, jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan di laptop atau komputer.

Anda pun tetap harus berhati-hati, jangan sampai file penting yang ada di flashdisk tidak Anda backup di tempat lain. Karena bentuk flashdisk yang mungil rentan sekali hilang dan bisa saja ruak.

Selain itu, flashdisk juga cukup sering mengalami error seperti minta di format, jika sudah begini pastinya Anda akan merasa bingung dan juga kesal karena flashdisk minta di format padahal ada data-data penting di dalamnya.

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format

Berbagai Penyebab Flashdisk Minta di Format

Tapi kenapa ya tiba-tiba kok flashdisk bisa minta di format? Padahal yang sebelum-sebelumnya, flashdisk tersebut tidak bermasalah sama sekali.

Nah, ternyata ada berbagai penyebab kenapa flashdisk minta di format, berikut ini penyebab-penyebabnya yang dapat Anda ketahui:

Proses Pemindahan File yang Mengalami Gangguan

Pemindahan file yang terganggu ini sering dianggap sepele oleh banyak orang, padahal jika dibiarkan saja malah akan membuat flashdisk minta di format ataupun data-data menjadi hilang karena file yang korup.

Saat suatu data sedang melakukan proses modifikasi seperti disimpan, disalin atau dipindahkan maka jangan Anda biarkan proses modifikasi ini jadi terganggu.

Apalagi jika file di flashdisk sedang dalam proses pemindahan dan laptop atau PC tiba-tiba mati atau flashdisk yang dicabut secara tiba-tiba, maka file system pun akan berubah menjadi RAW.

File System yang Tidak Dikenali

File system di flashdisk yang tidak dikenal oleh laptop atau komputer Anda juga bisa menjadi penyebab flashdisk minta di format.

Hal tersebut juga berhubungan erat dengan sistem operasi yang digunakan oleh laptop atau komputer yang Anda gunakan.

Untuk sistem operasi Windows memang hanya mendukung 3 format yaitu FAT32 (File Allocation Table 32), NTFS (New Technology File System) dan juga exFAT (versi FAT32 yang disempurnakan).

Cobalah untuk mengingat apakah Anda pernah menggunakan flashdisk ke laptop atau komputer dengan Linux?

Jika iya, maka flashdisk yang Anda gunakan telah di format ke ext2 atau ext3, sehingga menyebabkan flasdisk kompatibel ke sistem operasi di laptop tersebut.

Flashdisk Terkena Virus

Dan penyebab yang terakhir adalah flashdisk terkena virus. Virus merupakan salah satu masalah utama yang sering ada di hardware, termasuk flashdisk.

Virus menyebabkan hardware tidak dapat bekerja secara optimal dan bahkan bisa menghilangkan berbagai data penting yang ada.

Virus juga bisa menyebabkan iklan terus muncul di PC, atau bahkan PC yang tidak dapat terkoneksi ke WiFi.

Flashdisk yang Anda gunakan bisa terkena virus karena disebabkan oleh file yang di download dari internet mengandung virus dan Anda simpan di flashdisk.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan virus masuk ke PC atau flashdisk Anda antara lain file yang di download mengandung virus, flashdisk yang terinfeksi virus dari flashdisk lainnya dan juga penginstallan aplikasi yang mencurigakan.

Maka dari itu, sangat penting untuk menggunakan antivirus sehingga PC dan flashdisk Anda dapat terhindar dari virus.

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format

Anda sudah mengetahui apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan flashdisk minta di format.

Dan di poin ini Anda akan mengetahui bagaimana cara mengatasi flashdisk minta format. Yuk ikuti cara-caranya di bawah ini ya.

Restart PC

mengatasi flashdisk minta format restart pc

Salah satu cara mengatasi flashdisk minta format yaitu melakukan pemulihan komputer, siapa tau memang karena stuck di windows.

Laptop atau komputer yang dinyalakan dalam waktu lama dan tidak dimatikan bisa menyebabkan error sehingga flashdisk yang disambungkan tidak dikenali dengan baik.

Hal ini terjadi karena PC yang sudah seharian digunakan dapat menyimpan file-file yang sebenarnya tidak diperlukan dan tentu akan menghambat kinerja PC itu sendiri.

Namun saat Anda melakukan restart, maka file-file sementara tadi dapat hilang dari RAM sehingga PC Anda pun sudah dalam keadaan “fresh” lagi dan siap untuk bekerja dengan baik.

Cara sederhana ini dapat Anda coba untuk mengatasi flashdisk yang minta di format.

Colok Flashdisk ke Port Lain

Driver memang sangat menentukan suatu PC untuk mendeteksi perangkat USB. Driver sebenarnya merupakan sekumpulan file yang dapat diinstall sehingga suatu sistem operasi dapat mengenali dan juga berinteraksi dengan hardware (USB flashdisk, printer, card reader, printer dan lain sebagainya).

Jadi, kesalahan pada instalasi driver inilah yang menjadi salah satu penyebab flshdisk minta di format.

Karena salah satu port USB yang ada di PC Anda mendeteksi flashdisk sebagai RAW, sehingga Anda perlu mencolokkan flashdisk ke port lain yang ada di PC dan lihat apakah flashdisk masih minta di format atau tidak.

Cek Flashdisk di Command Prompt (CMD)

cara mengatasi flashdisk minta format dengan cmd

Cara yang selanjutnya yaitu dengan cek flashdisk di Command Prompt (CMD). Mungkin banyak yang beranggapan bahwa cara ini lebih sulit dibandingkan dengan cara-cara lainnya, sebenarnya tidak sulit tapi stepstepnya memang sedikit lebih banyak dibandingkan dengan cara lain yang telah dibahas sebelumnya.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda terapkan:

  • Klik Start > ketik “CMD” di kolom pencarian > klik menu Run as Administrator.
  • Setelah jendela CMD terbuka, maka ketik “chkdsk d:/f” di Command Prompt. Ganti huruf “d” di pengetikkan tadi dengan nama flashdisk Anda yang bermasalah > tekan Enter.
  • Proses akan memakan waktu beberapa saat, dan tunggulah hingga selesai.

Sambungkan Flashdisk ke PC Lain

Laptop atau komputer yang berbeda pastinya memiliki kondisi yang berbeda juga. Hal tersebut dapat dilihat dari dua laptop atau komputer dengan sistem operasi yang sama, namun kemampuan dan juga kecepatannya berbeda karena dipengaruhi oleh seberapa sering dilakukan perawatan Windows Registry dan juga berapa banyak aplikasi yang terinstall.

Jika hal tersebut terjadi, maka Anda bisa menyambungkan flashdisk ke PC yang lain dan melihat apakah flashdisk masih minta di format atau tidak.

Jika flashdisk normal saat disambungkan ke PC lain, maka masalah bukan terjadi di flashdisk melainkan di PC. Maka dari itu, saat flashdisk normal segeralah backup berbagai data penting.

Menggunakan Aplikasi Pengambilan Data

minitool

Ini merupakan cara mengatasi flashdisk minta format terakhir, yaitu penyelamatan data penting.

Dan cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi pengambilan data yang dapat Anda coba jika cara-cara yang sebelumnya belum berhasil.

Dengan cara ini, Anda bisa menyelamatkan data-data penting sebelum melakukan format flsahdisk. Aplikasi ketiga yang digunakan pada cara ini adalah MiniTool Power Data Recovery.

Aplikasi ini dapat mengambil berbagai file yang ada di flashdisk Anda jika file system terdeteksi sebagai RAW. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Download aplikasi MiniTool Power Data Recovery.
  • Setelah selesai di download lakukan instalasi dengan scroll hingga ke MiniTool Data Recovery > Power Data Recovery 8.7 Free > buka file yang sudah diinstall > ikuti instruksi hingga selesai.
  • Klik Start Now > Removable Disk > klik nama flashdisk Anda > select file > Save.
  • Simpanlah file di tempat yang aman dan setelah itu lakukan format di flashdisk.

Meskipun aplikasi MiniTool Power Data Recovery gratis dan full version, sayangnya fitur yang ditawarkan masih terbatas karena file yang bisa diselamatkan maksimal ukurannya 1 GB.

Setelah melakukan cara-cara di atas dan berhasil, maka untuk kedepannya lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan flashdisk agar flashdisk tidak error.

Beberapa cara yang dapat Anda coba untuk merawat flashdisk yaitu dengan menghindari flashdisk langsung dicabut, lakukanlah safely remove hardware, tunggu proses copy file selesai, hanya mendownload aplikasi yang terpercaya saja dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk mengamankan data, cobalah untuk melakukan backup ke penyimpanan berbasis cloud seperti MEGA dan Google Drive.

Dengan mengikuti cara mengatasi flashdisk minta format di atas, masalah pun dapat terselesaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like