Cara Mengatasi Corel Draw x7 Tidak Bisa Save

Jika kalian adalah salah seorang yang bekerja sebagai komikus atau desianer grafis, tentu kalian sudah tak asing lagi dengan berbagai software atau perangkat lunak grafis.

Corel Draw adalah salah satunya, dan masih menjadi yang top di industri ini. Kegunaan Corel Draw sangatlah beragam, namun dibalik ini semua, ada beberapa masalah yang mendera, seperti masalah Corel Draw X7 tidak bisa save file yang sudah diedit.

Tentu permasalahan ini bisa membuat kalian benar-benar frustasi. Bagaimana tidak, gambar yang sudah dibuat bersusah payah, berujung pada stuck, karena file nya yang tidak bisa disave.

Sebenarnya, alasannya bukan dari Corel sendiri. Yang jadi pemicu terjadinya problem ini adalah karena penggunaan versi Corel yang bajakan.

Sebenarnya, langkah ini dilakukan oleh Corel sendiri untuk “bersih-bersih”. Siapapun yang menggunakan Corel bajakan yang terhbung ke Internet akan langsung mendapatkan permasalahan ini secara instan.

Tak bisa dipungkiri, masih banyak dari kita yang menggunakan software bajakan. Yang menjadi asalan utama tentu adalah soal harga.

Untuk bisa mendapatkan akses Corel Draw, kalian diharuskan membayarkan biaya langganan Corel Draw sebesar 334 dollar, atau kalau dirupiahkan menjadi 4,8 juta.

Tentu harga ini bukanlah hal yang murah untuk dibayar.

Lalu, apakah ada solusi untuk hal ini? Tentu saja! Ada seribu jalan menuju Roma. Untuk bisa mengakali hal ini, biasanya pengguna menggunakan bantuan dari aplikasi serta menonaktifkan internet selama penggunaan.

Namun, ada juga beberapa cara untuk mengatasi Corel Draw X7 tidak bisa save, yang akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Namun sebelum itu, sudahkah kalian familiar dengan software Corel Draw ini?

corel draw x7 tidak bisa save

Apa Itu CorelDraw ?

Corel Draw adalah software editor grafis. Software ini memiliki beberapa fungsi seperti halnya Photoshop suite di mana kalian dapat mengedit gambar dan juga menggambar desain kalian sendiri.

CorelDraw adalah perangkat lunak komputer, jadi semua pekerjaan soal gambar dan desain akan dilakukan di komputer, bukan lagi dengan kertas dan pensil.

Hal ini membuat pekerjaan berjalan dengan lebih cepat, dan efisien tentunya. Ada beberapa alat grafik untuk menyesuaikan bentuk, garis, dan kreasi lainnya.

Corel dapat membuat buku, booklet, brosur, dan sejumlah produk pemasaran lainnya untuk bisnis maupun usaha.

Mereka yang membuat novel grafis atau buku anak-anak dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk membuat ilustrasi gambar.

Seseorang dapat menyimpan beberapa layer dan kemudian memotong gambar lain yang tidak mereka sukai.

Bisa dibilang bahwa CorelDraw adalah salah suite pengeditan terlengkap yang bisa kalian dapatkan.

Keuntungan Menggunakan CorelDraw

Baik kalian adalah seseorang dalam bisnis atau melakukan proyek pribadi di rumah, Corel Draw dapat menyediakan perangkat lunak untuk membuat produk kalian sukses.

Karena memiliki beberapa opsi untuk mengedit, memotong, dan mengkreasikan pekerjaan yang sedang dilakukan, siapa pun dapat membuat buletin, brosur, dan karya lainnya dengan praktis.

Ada program perangkat lunak lain yang serupa, tetapi Corel adalah salah satu pemimpin dalam industri ini, yang diproduksi oleh perusahaan asalah Kanada.

Untuk perusahaan pemasaran, biro iklan, dan perusahaan sejenis lainnya, software CorelDraw dapat menjadi software yang sangat penting untuk diketahui sehingga seorang karyawan dapat melakukan proses pekerjaan dengan lebih cepat dan nyaman dengan salah satu program perangkat lunak teratas di pasaran.

Bagi mereka yang ingin belajar desain grafis, baik untuk personal dan bisnis, Corel Draw adalah salah satu produk perangkat lunak yang harus kalian kenal.

Apabila kalian memilih untuk mendalami software CorelDraw, kalian bisa berkesempatan untuk mengasah diri menyambut pekerjaan yang lebih matang kedepannya.

Sekarang, kita masuk dalam pembahasan bagaimana cara mengatasi Corel Draw X7 tidak bisa save.

Bagaimana Mengatasi Corel Draw X7 Tidak Bisa Save

Tak perlu lama, berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian coba apabila kalian menghadapai masalah Corel Draw X7 tidak bisa save ini :

  1. Langkah pertama adalah dengan meng uninstall aplikasi Corel Draw yang ada di komputer kalian. Bersihkan sampai ke registrynya, agar tidak ada satu file pun yang tersisa. Kalian bisa menggunakan bantuan unsintaller pihak ketiga yang bisa kalian download dengan gratis, salah satunya adalah Revo Uninstaller
  2. Setelah proses uninstall selesai, restart komputer
  3. Setelah proses restart selesai, segera matikan koneksi internet, dan install kembali software Corel Draw nya. Apabila kalian menggunakan bajakan, jangan lupa install Crack nya juga. Jadi, pastikan kalian sudah memiliki file serta crack nya dulu sebelum melakukan semua langkah ini
  4. Sekarang, buka file hosts yang ada di Disk C > Windows > System 32 > drivers > etc > hosts
  5. Apabila sudah ketemu, buka dengan aplikasi Notepad
  6. Setelah berhasil membuka filenya dengan Notepad, paste kan code berikut :

    127.0.0.1             apps.corel.com
    127.0.0.1             mc.corel.com
    127.0.0.1             product.corel.com

  7. Apabila sudah selesai, langkah untuk mengatasi Corel Draw X7 tidak bisa save adalah dengan memblokir koneksi Firewall. Atur lah Firewallnya dengan mengakses bagian Control Panel > Firewall

Dengan melakukan semua langkah tadi, seharusnya kalian sudah bisa menyimpan file di Corel Draw.

Namun, perlu ada langkah pencegahan agar lain kali masalah serupa tak akan terulang kembali.

Satu-satunya cara adalah dengan tidak menggunakan internet pada saat menggunakan Corel Draw.

Siapkan file-file yang dibutuhkan terlebih dahulu, download semuanya sampai selesai, barulah matikan internet dan mulai gunakan Corel Draw.

Mematikan internet wajib hukumnya apabila kalian menggunakan software yang bajakan. Alasannya, adalah agar kalian aman dari aksi blokir yang dilakukan Corel.

Semoga langkah-langkah di atas dapat mengatasi masalah Corel Draw X7 tidak bisa save. Apabila kalian sudah memiliki modal, pertimbangkan untuk menggunakan versi resminya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like